IBX59089D8220A8F

Cara Mencari Supplier Terpercaya Untuk Bisnis Reseller Dropship

Mencari Supplier Bisnis DropshipApakah anda sudah menentukan dan mantap untuk menjalankan bisnis dropship…? bagi yang belum memahami sistemnya, silahkan baca dahulu artikel “Apa Perbedaan Antara Dropship dan Reseller?” yang menjelaskan secara detail langkah langkah yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini. Juga baca artikel “Tips Mencari Ide Produk Apa untuk Jualan Online?” 
 
Mitra atau Supplier Terpercaya merupakan salah satu kunci penting dalam menjalankan bisnis dropship, sebelum menjalin kerja sama, sebaiknya pelaku bisnis dapat membedakan antara pemasok yang sah atau asli dengan yang berlaku sebagai reseller. Supplier yang sah seharusnya memiliki hubungan langsung dengan produsen, dengan itu, maka harga yang diberikan akan jauh lebih rendah dari harga jual. Sehingga anda dapat mengambil margin atau selisih harga beli dan harga jual sebagai keuntungan.

Ciri-Ciri Pemasok Palsu atau Scam

Saat melakukan melakukan pencarian secara online, besar kemungkinan anda menemukan sejumlah pemasok yang sebenarnya adalah broker atau orang kedua dari Supplier sebenarnya. Seperti pengalaman yang pernah saya alamai sendiri, namun seiring waktu pasti ada saja kesalahan kecil yang mereka lakukan, seperti tidak sengaja melampirkan alamat Pemasok yang Asli.
Lalu, adakah tips tertentu untuk membedakannya? Trik berikut paling tidak akan memudahkan anda dalam membedakan Pemasok asli dan yang palsu, sebagai berikut:

Memungut Biaya Keanggotaan

Ketika anda dihadapkan kepada Penjual yang memungut biaya keanggotaan, biaya katalog, biaya servis atau apapun itu, maka ada kecenderungan penjual tersebut adalah broker atau middle-man. Sebab Pemasok asli tidak mungkin membebankan biaya keanggotaan bagi Dropshipper yang ingin berbisnis dan menjual produknya. Logis bukan…? merupakan keuntungan bagi produsen jika produknya dijual dan disebarluaskan oleh Reseller, dengan demikian secara otomatis produknya akan lebih tersebar luas. Kecuali dalam beberapa kasus, seperti Untuk menjadi Distributor suatu Merk Besar, biasanya ada Deposit yang harus dibayarkan sebagai jaminan pembayaran.
Namun sebagai gantinya, biasanya ada minimum order yang disyaratkan oleh pemasok bagi resellernya untuk mendapatkan potongan khusus, ini dapat dimengerti karena ekslusivitas yang diberlakukan.

Melayani Order Eceran

Selayaknya, Supplier Asli tidak melayani penjualan Eceran, selain akan merepotkan dalam pelayanan, juga mempertahankan ekslusivitas bagi Dropshippernya.

Tersembunyi, Sulit Dicari

Biasanya, Supplier sungguhan agak tersembunyi dan sulit untuk dicari, karena pada dasarnya sangat sedikit dari mereka yang memahami teknik marketing, atau memang sudah hukum alam, Produsen ditakdirkan untuk mencetak produk dan Marketer seperti anda-lah yang bertugas untuk menjual hasil produksinya. Ciri-cirinya, tidak memiliki website resmi, ataupun ada tapi tidak atau kurang menarik dan bahkan tidak tampil di mesin pencari. Seiring waktu, anda pasti akan ketemu, siapa sebernarnya pemasok utama anda.
Setelah dapat membedakan mana Supplier asli dan yang Palsu, saatnya untuk memisahkan “Daging dari Tulangnya”, saatnya untuk

Tips Mencari Pemasok atau Supplier Bagi Bisnis Anda

Ada beberapa kriteria Supplier tergantung dari seberapa besar bisnis atau usaha Reseller Dropship yang sedang anda bangun, sebagai berikut:
  1. Produsen, untuk dapat langsung berhubungan bisnis dengan produsen, biasanya ada beberapa persyaratan penting yang harus dilakukan. Misalnya Proposal pengajuan sebagai Distributor Resmi atau Pemegang Hak Usaha. Tentu saja komitmen yang diminta tidaklah sederhana, mulai dari sejumlah Deposit yang harus disetorkan, Jaringan penjualan yang luas, juga Minimum Omset yang harus dicapai setiap bulannya.
  2. Distributor, dia yang mempunyai hak resmi dari Produsen langsung.
  3. Grosir, mendapatkan produk atau barang jualan dari Distributor untuk dijual kembali kepada Agen, Reseller atau Dropshipper.
  4. Agen, Reseller dan Dropshipper, merupakan jaringan penjual yang berhubungan langsung dengan end-user atau pembeli.
Menurut skala usaha yang akan anda bangun, terdapat beberapa strategi atau metoda pencarian yang dapat anda lakukan sebagai berikut:

Menghubungi Langsung Pabrik atau Produsen

Tentunya tidaklah sulit untuk menemukan Produsen atau Pabrik dari produk yang hendak pelaku bisnis pasarkan, jika produk tersebut memiliki brand atau merk terkenal. Tapi jika anda merasa kesulitan untuk menemukannya, silahkan hubungi Call Center Telkom 108 untuk mengetahui nomor telpon dan alamat tertentu.
Standar Parameter Layanan Call Center 108, silahkan simak video berikut

 

Menghubungi atau Mendatangi KADIN

Jika anda membutuhkan daftar Perusahaan yang memproduksi barang ataupun jasa yang hendak anda jual, maka salah satu alternatif adalah mendatangi KADIN dengan alamat resmi sebagai berikut:

KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI INDONESIA 
Indonesian Chamber of Commerce and Industry
Menara Kadin Indonesia Lt. 29
Jalan HR Rasuna Said X-5 kav 2-3,
Jakarta 12950 – Indonesia
Telepon   : [62-21]-5274484 (hunting)
Fax           : [62-21] 5274331 – 5274332
Email       : [email protected]   atau  [email protected]
Website   :
www.kadin-indonesia.or.id

Menghadiri Pameran yang Berhubungan dengan Usaha Anda

Menghadiri pameran sangat bermanfaat bagi anda pelaku bisnis, dimana anda dapat mendapatkan koneksi langsung dari beberapa produsen yang berbeda, juga dapat melakukan perbadingan kualitas, harga, layanan yang satu dengan lainnya ditempat yang sama.
Tapi, dimanakah anda dapat menemukan informasi mengenai jadwal pameran di Indonesia…? silahkan kunjungi website berikut:
Setelah mendapatkan Supplier, Pemasok untuk dijadikan Rekan Bisnis Reseller Dropship anda, selanjutnya adalah menemukan Supplier yang Terpercaya. Tahapan ini akan sangat berbeda satu dengan lainnya, kepercayaan tidak dapat dibangun oleh salah satu pihak saja, sebagai pebisnis tentunya hal utama yang harus dipertahankan adalah Kepercayaan.

 

Seiring waktu berjalan, seleksi alam yang pada akhirnya akan menentukan dan menemukan Supplier mana yang dapat dipercaya.

One Response

  1. aji Oktober 7, 2017

Leave a Reply