IBX59089D8220A8F

Dropship Baju Reseller Fashion

memulai usaha dropshipApa dan Bagaimana Usaha Dropship Baju atau Reseller Fashion?, artikel ini akan menjelaskan secara detail langkah – langkah yang harus disiapkan untuk dapat memulai dan menjalankan bisnis reseller dropship baju dengan modal yang seminim mungkin.
Persiapan ini penting dilakukan mengingat persaingan usaha jualan baju offline maupun online yang semakin ketat, sehingga ujung-ujungnya “seleksi alam” yang akan menentukan siapa yang berhasil bertahan di bisnis fashion ini.

1. Apa Perbedaan Antara Reseller dan Dropship Baju?

Umumnya, untuk menjual suatu produk, anda diharuskan untuk memiliki stock dengan cara membeli barang tersebut dengan jumlah yang banyak agar mendapatkan potongan harga yang besar, kemudian menjualnya dengan harga yang telah dinaikan marginnya, metoda penjualan ini dinamakan Reseller, tentu saja kekurangan dari sistem ini adalah perlunya modal atau investasi untuk membeli stock produk, kemudian ada effort untuk mengemas pesana, mengantarkannya ke bagian pengiriman hingga pesanan sampai di pelanggan.
Selain itu, anda juga diharuskan untuk mempunyai kemampuan administrasi yang mumpuni untuk mengelola persediaan dan juga menyediakan budget tersendiri untuk kemungkinan adanya return dari pelanggan.

Sedangkan Dropshipper tidak perlu menyediakan stock barang jualannya, karena pengiriman dilakukan oleh produsen atau distributor pemilik hak usaha.

Kesimpulannya, selain cara penyediaan barang, perbedaan yang mencolok terletak dari bagaimana order tersebut dikirim, dengan sistem dropship, pemilik usaha memperbolehkan dropshippernya membuat identitas pengirim tersendiri, boleh atas nama pribadi dan bahkan nama dagangnya.

Berikut adalah

Infographics Bagaimana Cara Kerja Sistem Dropshipp

cara kerja dropship

2. Keuntungan Dropship Baju dan Produk Fashion

Setelah membaca bagian 1. Apa Perbedaan Reseller dan Dropship diatas, secara tidak langsung anda sudah memahami keuntungan sebagai Dropshipper Baju, mari kita gali lebih dalam, siapa tahu
ada beberapa keuntungan yang belum diketahui.

Pangsa Pasar yang Luas

Tentunya semua setuju mengenai fakta bisnis fashion adalah salah satu usaha yang paling laris di Indonesia, dengan besarnya permintaan dari ratusan juta penduduk Indonesia menjadikan usaha Fashion menjanjikan keuntungan yang berkepanjangan. Untuk lebih detail mengenai Pangsa Pasar Jualan Baju, silahkan baca artikel “Peluang Usaha Bisnis Fashion Online“.

Kemudahan dan Fleksibilitas

Kemajuan teknologi memberikan beragam keuntungan tersendiri terhadap cara orang menjalankan bisnis dan cara orang berbelanja, sosial media berperanan penting dalam revolusi internet marketing, Pengusaha dimudahkan dalam menjalankan usaha dengan menjangkau pembeli yang tidak dibatasi tempat dan waktu, artinya “kesempatan yang tidak terbatas”, lebih sederhananya, Upload foto jualan anda, tambahkan kata-kata promosi yang menjual dan posting

Jenis usaha Dropship memberikan anda fleksibilitas dalam menjalankannya, kapan saja, dimana saja, bahkan appa sajja… It’s all yours. Bahkan dalam menentukan profit, anda mempunyai kebebasan menentukan besaran harga jual, satuan…, grosiran… yang penting masih dapat keuntungan.

Mengurangi Resiko Rugi

Sistem Dropship memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan Reseller, dan bahkan jauh lebih tidak beresiko jika dibandingkan dengan usaha produsen baju. Karena untuk menjadi produsen brand fashion membutuhkan perjalanan yang sangat panjang dan mengeluarkan modal usaha yang tidak sedikit. Dengan sistem dropship anda tidak perlu mengeluarkan modal usaha yang banyak, anda hanya perlu menemukan produk baju, pakaian yang menarik, unik, murah meriah kemudian mempromosikannya secara online maupun offline.
Bahkan anda dapat mengurangi resiko “kurang laku” dengan cara mencari produk yang sedang populer dan banyak peminatnya di tempat lain dan menjualnya di lingkungan anda.

Menjalankan bisnis Dropship Sekalian Meningkatkan Brand Image

Bisa jadi ini adalah keuntungan yang paling tidak disadari oleh pelaku dropshipper baju, sudah menjadi etika bisnis sistem dropshipping dimana pemilik brand yang sebenarnya tidak akan membocorkan rahasia dropshipper ke pembelinya, dia akan “tutup mulut” mengenai siapa anda? dan siapa pemilik usaha sebenarnya. Dia akan mengirimkan produk atas nama usaha/brand anda, yang konsumen tau adalah, anda-lah pemilik usahanya, konsumen membelinya langsung dari anda.
Bahkan ada beberapa perusahaan yang bersedia memberikan kebebasan dropshipper untuk memberikan brand usahanya sendiri pada produknya, menarik bukaan…?¬†

3. Tantangan Terbesar Usaha Dropship Baju

Sebagai Dropshipper, menemukan partner atau pemilik usaha terpercaya merupakan tantangan yang paling besar dalam menjalankan model bisnis ini. Model usaha ini sangat bergantung kepada produsen atau pemilik usaha. Oleh karena itu, diperlukan riset dan testing yang optimal sebelum menjalankannya. Lalu…, bagaimana cara menemukan Partner Terpercaya Anda?

Menemukan Partner Dropship Baju melalui Mesin Pencari

Saat artikel ini dibuat, ada ratusan ribu website yang menawarkan peluang usaha Dropship Reseller Fashion. Untuk mengetahuinya, silahkan ketik kata kunci sbb:
  • allinurl:dropship baju, dengan kata kunci ini memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik, yaitu hanya menampilkan Website yang menawarkan peluang usaha Dropshipping
  • Reseller dropship baju atau “Dropship Baju“, untuk daftar yang lebih luas lagi
  • Masukan nama brand langsung ke mesin pencari, kemudian tambahkan kata Reseller + Dropship
  • Masukan kata kunci diatas di Mesin Pencari Facebook, cara ini merupakan cara yang paling cepat, mudah dan populer untuk menemukan partner dropshipper. Anda bisa langsung menghubungi adminnya untuk informasi lebih lanjut

Website direktori marketplace, dropshipper, wholesaler dan Website Produsen

tokopedia.com merupakan martketplace paling populer saat ini yang menawarkan sistem dropship. Bagi pemula, cukup tokopedia tempat anda menemukan partner untuk bekerjasama.

Cakning Usaha Dropship¬†Tanpa Modal, belum terlalu popular, tapi jangan salaah…! biasanya yang diem-diem itu menghanyutkan, Penasaraan…? langsung aja ke websitenya cakning.
aliexpress.com, bagi anda yang ingin mencoba hal baru dengan mendatangkan produk fashion dari China, alibaba rajanya supplier baju murah untuk reseller.
Setelah menemukan produk dan calon mitra bisnis, langkah selanjutnya adalah:
  1. Memastikan mitra bisnis kita terpercaya dengan mencari tahu kredibilitasnya, anda dapat dengan mudah mencari kredibilitas partner anda di mesin pencari.
  2. Melakukan Test Pemesanan, coba lakukan beberapa kali pemesanan dengan tujuan yang berbeda, untuk menghitung respon dari mulai order hingga pesanan sampai ke tujuan.
  3. Bertanya sebanyak-banyaknya mengenai peraturan order, harga satuan hingga borongan.

4. Membuat Brand, Membangun Image dan Mendapatkan Pelanggan

Tahapan ini sangatlah penting untuk dipikirkan secara matang, Brand atau Nama Usaha adalah awal dari bisnis yang akan anda bangun, membuat nama usaha bisa jadi simple atau bahkan rumit, sebaiknya anda berkonsultasi kepada orang tua, teman atau bahkan berkonsultasi kepada orang yang ahli dibidangnya, silahkan baca artikel lengkap mengenai pembuatan logo dan merk bisnis klik disini
Perlu pembaca ingat bahwa didalam brand dan logo terdapat “Visi”, “Misi” dan “Jati Diri” dari usaha anda, konsumen akan berhubungan langsung dengan Merk Usaha, bukan nama anda secara hubungan bisnis. Contoh yang paling nyata adalah brand Apple Trade Mark, bagaimana seluruh dunia bisa mengenalnya sebagai pencipta hardware yang tidak hanya dapat diandalkan dan juga indah dalam design.
Setelah mendapatkan merk dagang lengkap dengan logonya, selanjutnya adalah hal yang paling penting dari semua, yaitu Membangun Image dan mendapatkan pelanggan. Belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh banyak penjual dalam membangun image adalah “tergesa-gesa” untuk mendapatkan pelanggan sesegera mungkin, walaupun kadang-kadang penjualan bisa saja terjadi.

Maksudnya adalah diperlukan kesabaran dalam membangun brand image untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang, apalagi persaingan reseller dropship baju online dewasa ini sangatlah ketat.

Mulailah persiapan dengan membuat akun sosial media dengan mengenalkan nama usaha anda, buatlah profile yang menunjukan logo usaha, facebook cover, dp bbm, wahatsapp, line dan messenger populer lainnya. Berikut adalah contoh Page Bisnis Jualan Baju Online di Facebook.

Ketika semua sudah siap, mulailah upload barang jualan anda ke sosial media dan aplikasi messenger, lakukan dengan bertahap dan terorganisir dengan baik, buatlah folder atau album tersendiri untuk semua kategori jualan anda.

5. Teknik Penjualan dan Promosi

Langkah yang terakhir adalah strategi penjualan dan promosi, dimana langkah ini yang menentukan bisnis anda berjalan dengan baik dan dapat memberikan penghasilan. Ada pertanyaan, Saya seorang pemula, tidak mempunyai pengalaman menjual produk, apakah bisa menjalankan usaha dropship baju?
Jawabannya, Pertama anda harus yakin bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini terlahir sebagai seorang ahli di bidang penjualan. Semua pasti bisa, asalkan ada kemauan untuk belajar dan mengaplikasikan apa yang dipelajarinnya dengan bertindak nyata, atau Learning by Doing.

Menjual Baju Menggunakan Aplikasi Android

Dewasa ini semakin banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan android sebagai mensin penjual yang efektif, Aplikasi andriod teman penjual online diantaranya: Facebook, Instagram, Pinterest, BBM, Line, Whatsapp.
Kunci berjualan menggunakan android adalah dengan berteman sebanyak-banyaknya, namun juga harus pandai memilih, mana yang berpotensi sebagai pembeli. Caranya dengan meng-invite penjual online yang sudah sukses, kemudian add teman dan relasinya. Selain itu, kita tiru cara mereka berjualan online, mulai dari produk yang laris dijual, kata-kata promosi yang menjual dan siapa pelanggan setianya.
Bagi Pembaca yang serius ingin mempelajari Teknik Penjualan Online menggunakan Facebook, Instagram, Pinterest, BBM, Line, Whatsapp, silahkan miliki tools yang mampu membuat anda menjadi seorang Penjual Online yang Profesional, tools tersebut adalah Order Link Click Disini.
Order Link Tools Untuk Dropshipper

Menjual Baju dengan Membuat Toko Online

Membuat Toko online sebagai alat Jualan Baju merupakan cara yang paling dianjurkan, fitur yang dimiliki online store akan sangat membantu dropshipper untuk meng-otomatisasi usahnya. Dewasa ini membuat toko online bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan bahkan oleh orang yang tidak mempunyai pengetahuan mengenai komputer sekalipun.
Kehadiran WordPress membuat siapapun dapat memiliki Toko Online untuk menjangkau konsumen lokal dan bahkan internasional. Selain itu, harga untuk membuat sebuah webstore sangatlah terjangkau, kurang dari Rp. 1.000.000 saja per tahun, anda sudah dapat memilikinya dengan tampilan yang menarik, dan feature terkini.
Untuk urusan Toko Online, saya sarankan Smart Toko – Klik Disini.
smart oko online wp theme

6. KESIMPULAN

Demikianlah Artikel Dropship Baju yang dapat penulis sampaikan, saya harap dengan membaca artikel ini, pembaca lebih memahami pengertian Dropshipping dan Reseller Baju secara menyeluruh, bagaimana sistemnya bekerja, dan yang terpenting adalah, Pembaca Mempunyai Pondasi yang Kuat untuk Memulainya.
Artikel selanjutnya akan membahas lebih dalam mengenai:
  1. Cara Mencari dan Menemukan Produk untuk Sistem Dropshipping.
  2. Tips Mencari Supplier untuk Bisnis Dropship atau Reseller
  3. Berbagai Cara, Tips dan Trik Menjual Baju Online
  4. Kata-Kata Promosi untuk Meningkatkan Penjualan.

Leave a Reply