IBX59089D8220A8F

Managemen Administrasi Penjualan

Salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis atau usaha Agen atau Reseller Pakaian dan Produk Fashion adalah Managemen Administrasi Penjualan. Jika anda merasa belum menata sistem administrasi dengan baik, maka jangan tunggu waktu lebih lama untuk mempersiapkannya. Lakukan sekarang juga, karena jika diabaikan, maka pekerjaan anda akan semakin menumpuk dan akan terasa sangat sulit untuk melakukannya. Jika sistem usaha yang anda jalankan sama atau mirip dengan sistem yang sedang kami jalankan, dimana banyak koleksi pakaian dan produk fashion yang kami jual dengan suplier dan keanggotaan MLM Fashion yang berbeda-beda, maka akan banyak detail yang harus diperhatikan.

Berikut kami akan mencoba mengilustrasikan hal apa saja yang harus ada dalam daftar Managemen anda. Sebagai catatan, keahlian anda dalam bidang komputer akan sangat membantu dalam hal ini, paling tidak anda mengetahui pengoprasian Microsoft Office seperti Ms. Word dan Excel. Namun demikian bukan berarti anda tidak dapat melakukan dengan baik jika anda tidak terbiasa menggunakan Microsoft Office atau menggunakan sistem komputerisasi dalam memanage keuangan atau bisnis anda. Pembukuan manual bisa saja dilakukan, bedanya mungkin jika anda melakukannya dengan komputer akan lebih menghemat waktu dan akan lebih mudah untuk melakukan analisa usaha seperti kenaikan omzet per bulan beserta laporan laba rugi misalnya. Berikut adalah daftar item yang harus masuk dalam sistem pembukuan anda.


List atau Daftar Katalog Fashion yang anda miliki. Caranya, buatlah daftar katalog baju, sepatu, tas dan produk fashion lainnya, kemudian buatlah pengkategorian berdasarkan jenis atau selera.
  • List atau Daftar supplier yang berisi nama katalog, nama distributor atau stokist (tempat anda memesan barang), Alamat, No HP dan alamat email.
  • Filing nota atau tanda bukti transaksi dan tanda bukti transfer order barang.
  • Data transaksi yang berisi tanggal pemesanan, tanggal penerimaan pesanan, nama pemesan, produk yang dipesan (nama katalog, kode produk, harga jual produk, harga modal, keuntungan dan prosentase keuntungan), nama sub-agen (jika anda mempunyai sub-agen atau sales).
  • Filing nota penjualan (2 rangkap, 1 untuk pembeli dan satu lagi untuk arsip)
  • Daftar Agen atau sales
  • Laporan Penjualan beserta perhitungan laba rugi.
  • Data Pengeluaran yang ternasuk didalmnya adalah data pembelian produk, data pembelian katalog, data ongkos kirim dan pengeluaran lain yang termasuk dalam modal usaha.
  • Laporan Komisi bagi Agen atau sales.
  • Data “pemegang saham” jika ada.
  • Filing tanda terima pengiriman barang atau paket (usahakan untuk selalu menginformasikan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan).

Data merupakan hal sangat penting dalam managemen bisnis, kami di Perusahaan Jepang sangat sering diingatkan untuk mencatat apa yang dilakukan, apa yang terjadi dalam proses kerja, kapan dan mengapa jika terjadi kesalahan. Dari data tersebutlah kemudian segala permasalahan akan dengan mudah dipetakan, sehingga mudah untuk mengatasi masalah dan mudah untuk membuat prosedur preventif.

Belajar dari kebiasaan di perusahaan tempat kami bekerja, maka setiap detail sebisa mungkin kami catat dan kami aplikasikan kedalam sistem managemen penjualan yang kami rancang. Sehingga kami dapat membuat laporan analisa penjualan dengan mudah dan akurat. Kelebihan mempunyai data atau pembukuan yang rapih adalah memudahkan kita untuk memisahkan mana uang bisnis dan mana uang pribadi, mudah menganalisa pasar untuk menentukan produk apa yang paling diminati pasar, mendapatkan ide inovasi dan juga tidak kalah penting dengan pembukuan yang baik akan lebih mudah untuk mendapatkan investor jika kita memerlukan modal tambahan. Mengapa demikian, banyak kami temui, calon investor menanyakan managemen bisnis terlebih dahulu sebelum mereka membaca proposal kami. Mereka berpendapat, bagaimana dia akan percaya menginvestkan uangnya jika pembukuan kita belum benar…!.

Jika anda mempunyai masalah atau mau sekedar sharing mengenai managemen administrasi penjualan seperti bagaimana cara membuat data transaksi di excel beserta rumus-rumusnya atau contoh laporan keuangan, silahkan hubungi langsung suami saya, karena memang beliau yang merancang sistem administrasi kami. Bahkan jika anda berminat untuk dibuatkan sebuah program sistem administrasi yang akan memudahkan anda mendata semua detail diatas, untuk member… kami berikan harga khusus. Ooo ya… Sekedar info, suami saya juga bergerak dibidang IT, jika ada diantara pembaca yang mempunyai perusahaan yang memakai sistem jaringan berbasis Windows dan ingin bermigrasi atau pindah ke sistem jaringan berbasis Linux, juga bisa menghubunginya langsung ke contact infonya:
Nama    : Isa Maulana
No HP  : 085714765448
e-Mail   : isamaulana@gmail.com

Leave a Reply