IBX59089D8220A8F

4 Tips Jitu Meningkatkan Omset Penjualan

meningkatkan omset penjualanKali ini kami akan berbagi 4 tips jitu meningkatkan omset jualan yang kami lakukan untuk meningkatkan omset penjualan baju dan produk fashion lainnya. Berawal Direct Selling… bahasa kerennya usaha yang sedang kami jalankan memang sangat bergantung pada seberapa banyak calon pembeli yang dapat kami yakinkan untuk membeli produk baju dan fashion.

Teorinya, penjualan hanya akan terjadi jika kita mendatangi sendiri calon pembeli secara langsung. Keterbatasan waktu dan ruang menjadi masalah bagi kami saat itu. Di tempat saya bekerja, terdapat 3 gedung utama yang terpisah sehingga tidak memungkinkan bagi kami untuk menjelajah semua gedung untuk mendapatkan peluang penjualan. Walaupun memang penjualan bisa saja terjadi dari mulut-kemulut tapi jangan pernah hanya mengandalkan dan menunggu calon pembeli mendatangi kita.

1. Merekrut Agen atau Sales

Untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, kami mempunyai ide untuk merekrut 3 orang perwakilan dari setiap gedung sebagai sub-agen atau sales. Alhamdulillah, kami diberikan kemudahan saat itu, ada beberapa teman yang menawarkan diri menjadi sub-agen.

Setelah itu, katalog-katalog kami dapat menyebar ke seluruh bagian di 3 gedung tersebut. Dengan mempunyai sales, kami tidak perlu repot-repot lagi menawarkan produk ke setiap orang, orderan akan datang dengan sendirinya. Sebagai konsekuensinya, kami memberikan jasa sebesar 10% dari total penjualan agen. Kami kira 10% persen merupakan nilai yang wajar dibandingkan dengan kenaikan omzet penjualan yang berlipat-lipat.

Setelah yakin dengan teknik diatas, terfikir untuk lebih memperluas jaringan ke perusahaan-perusahaan lain dengan cara yang sama yaitu merekrut beberapa sales lagi.

2. Membuat Brosur Mengajak Menjadi Agen Penjualan

Ternyata untuk merekrut salesman di Perusahaan lain tidak semudah dengan di tempat kita bekerja. Untuk mempermudah merekrut sales agen di luar, kami membuat brosur penawaran untuk bergabung sebagai mitra kami yang berisi ajakan untuk menjual produk fashion dengan jasa 10% dari total penjualan.

Dengan brosur yang atraktif dan menarik, kita lebih leluasa menjelaskan sitem dan tata cara jual beli yang kita lakukan. Akhirnya setelah beberapa kali berusaha, mulai dari berkeliling ke beberapa perusahaan menyebarkan brosur tersebut sampai menitipkannya ditempat orang-orang nongkrong atau tempat ramai aktifitas, ada beberapa yang berminat. Akhirnya kami-pun memiliki perwakilan di Perusahaan lain. Tidak lama kemudian, omset penjualan berhasil naik dan meningkat berlipat-lipat.

Setelah itu, ternyata obsesi ini belum terpenuhi juga, kefikiran lagi untuk memperluas jaringan ke luar kota, luar profinsi, Luar negeri… he…he… Jangan mimpi kaleeeee…! As you see… inilah yang sedang kami lakukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan mitra usaha di luar daerah. Wish me luck….!

3. berInovasi Agar Konsumen Tidak Jenuh

Selain ruang dan waktu, permasalahan lainnya adalah titik jenuh konsumen. Mau tidak mau, setiap barang atau produk yang dibeli akan menemui titik jenuhnya. Teorinya sangat sulit bagi seorang konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan berkali-kali dengan model atau variasi yang sama, sedangkan keinginan kita adalah mempunyai konsumen yang loyal terhadap baju, sepatu, tas dan jaket serta produk fashion lainnya yang kita tawarkan.

Berinovasi dengan mencari Katalog Fashion dan Supplier lain untuk memenuhi permintaan konsumen yang beragam. Ternyata dengan memiliki banyak Katalog baju, sepatu, celana, busana muslim yang beredar di pasaran tidak cukup untuk menangani masalah titik jenuh tersebut.

Solusinya adalah inovasi… Ya, berinovasi untuk terus menghadirkan produk yang berbeda ke konsumen. Di luar sana masih banyak produk tas, sepatu, kaos, busana muslim yang belum mempunyai katalog. Hal tersebut kami manfaatkan untuk menyusunnya menjadi sebuah katalog kecil.

Untungnya saya sedikit tau cara mendesign katalog dengan tampilan yang cukup menawan. Alhamdulillah trik untuk meningkatkan omzet penjualan yang ketiga ini cukup handal mengatasi kejenuhan calon pembeli. Selain memperkaya katalog yang kita punya, untuk produk spesial ini harga jual bisa kita sesuaikan sendiri menurut kualitas dan pengorbanan yang kita keluarkan.

4. Online-kan Usaha Anda

Menyadari makin maraknya website toko online di Indonesia, bukan berarti harus mundur dari persaingan, satu hal yang pasti adalah setiap usaha yang dilakukan dengan terencana, dijalankan dengan baik, pasti akan memberikan hasil. Ngga usah takut ribet membuat toko online, karena sekatang banyak pilihan toko online instan yang canggih, tanpa harus coding untuk mendapatkan online store yang canggih, cukup dengan membeli Template WordPress Ecommerce seharga kurang dari Rp. 600.000

Rekomendasi Cara Mudah Membuat Toko Online

Untuk Urusan Toko Online, saya rekomendasikan Smart Toko Online, Theme Toko Online Terbaik

Lupakan harga jutaan dan settingan yang rumit untuk memiliki sebuah toko online, disini Bikin Toko online jadi lebih mudah dan murah

smart oko online wp theme

Menarik bukan…! Dari pengalaman kami diatas, dapat diambil kesimpulan, jika anda berminat untuk menjadi Agen, Reseller maupun Dropshipper produk Fashion, maka memperluas jaringan dan inovasi menjadi hal penting dalam meningkatkan omzet penjualan.

4 Comments

  1. AJID GAME Juli 2, 2013
  2. Resep Kue Lebaran Juli 3, 2013
  3. Asti Tada Februari 19, 2014

Leave a Reply